Kamis, 19 Agustus 2010

Ikan Louhan

Informasi ini dikutip dari www.palapamagetan.com

Secara umum ikan digolongkan menjadi 2 kategori, yaitu ikan konsumsi dan ikan hias.

Ikan hias kemudian dibagi lagi menjadi 2 kategori, yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut.

Jenis Ikan Hias Air Tawar
Jenis ikan hias yang biasa dipelihara adalah, arwana, louhan, cupang, koi, guppy, mas koki. Sebenarnya masih banyak jenis lain seperti patin, nila, manvis, gurami, platy, sapu-sapu, rainbow, dan lain sebagainya.



Mari kita sedikit mengenal jenis ikan yang populer saat ini.

ARWANA
Ikan arwana adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Arwana umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yaitu Hijau (ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia), Emas dengan ekor merah (ditemukan di Indonesia), Emas (ditemukan di Malaysia), Merah(ditemukan di Indonesia).


LOUHAN
Ikan Louhan biasa juga disebut ikan Kimhua, spesies ini berasal dari Malaysia sekitar tahun 1997, bermula dari experiman yang dilakukan oleh seseorang dengan cara budidaya menyilangkan ikan yang berbeda species, hingga sampai didapatkan hasil benih keturunan sebagus seperti kebanyakan ikan Louhan yang ada sekarang ini.

Jenis ikan Louhan yang utama di antaranya adalah : Chinwa, Chencu Modern, Chencu Clasic, Kamalau, Bonsai, Mutiara, Non Marking dan banyak lagi pengembangbiakannya dengan penamaan yang sangat beragam.


CUPANG
Ikan Cupang adalah ikan hias yang sangat dikenal oleh masyarakat khususnya anak-anak, karena ikan hias tersebut selain rupanya yang cantik juga dapat merupakan ikan hias tentara yang menarik bila diadu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens.

Ikan ini berkembang dengan cara bertelur dan telurnya menempel pada substrat seperti akar tanaman, daun-daun atau serabut rapia.

KOI
Ikan Koi merupakan ikan mas yang telah dibesarkan, dan dibudidayakan atau diternakkan oleh orang Jepang untuk waktu yang cukup lama, dan dipijahkan di Jepang khusus untuk warna mereka. Mereka dikenal sebagai ikan jinak. Ikan koi merupakan omnivora, mereka makan berbagai makanan baik itu hewan atau tumbuhan.

GUPPY
Ikan Guppy awalnya hidup di rawa air payau. Ikan ini berkembang biak dengan cara beranak sehingga pemijahannya tergolong mudah. Selain warna, bentuk dasar ekor ikan guppy juga bervariasi. Guppy dibagi berdasarkan bentuk ekornya yaitu wide tail (ekor lebar), sword tail (ekor panjang), dan short tail (ekor pendek). Tiap varietas mempunyai 4 macam bentuk ekor. Varietas terbaru yaitu Ribbon/Swallow. Ini merupakan varietas baru dari berbagai persilangan menyebabkan mutasi gen merupakan hasil dari kawin silang dari berbagai jenis ikan ini.


MAS KOKI
Ikan maskoki awalnya sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Bedanya ikan maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya. Kemudian pada masa dinasti Ming (1368-1644) popularitas ikan maskoki mulai menanjak, dari sinilah bermunculan ikan maskoki dengan bentuk tubuh yang bervariasi dan unik. Perkembangan ikan maskoki kemudian merambah hingga negeri Jepang. Di Jepang ikan maskoki ini terus mengalami perkembangan pesat hingga dihasilkan jenis-jenis baru dengan bentuk yang lebih varatif seperti saat ini.




TEKNIK BUDIDAYA IKAN HIAS
Secara umum, cara budidaya atau pengembangbiakan ikan hias dapat dikatakan sama. Yaitu pasangan induk d tempatkan dalam kolam atau akuarium yang tenang, dan diberi substrat yang dapat membantu proses perkawinan dan peletakan telur telur ikan. Jangan lupa tambahkan pompa aerator, filter, bioball, dan karbon aktif untuk menyaring air.



CARA MEMELIHARA IKAN HIAS
Cara memelihara ikan hias tidak lah susah. Dibutuhkan akuarium atau kolam sebagai tempat, dan ditunjang dengan aksesoris seperti filter, bioball, hiasan, dan lain sebagainya.




PEMANFAATAN IKAN HIAS
Walaupun dikatakan sebagai ikan hias, namun ikan hias juga dapat dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Contoh nya ikan patin, ikan mas, ikan gurami, ikan nila dan masih banyak lagi.

Selain diolah menjadi makanan, ikan hias juga dimanfaatkan untuk bisnis pemancingan. Dalam bisnis pancing memancing, selalu pilihlah ikan yang mampu tumbuh besar dan nikmat bila dikonsumsi.




JUAL BELI IKAN HIAS
Apabila anda tertarik untuk memelihara ikan hias, anda dapat membeli bibit, anakan, atau indukan ikan hias di beberapa tempat di Surabaya. Tempat yang cukup terkenal di surabaya adalah di sepanjang Jl. Irian Barat Surabaya, Jl. Kayun, Jl. Gunung Sari dan di pasar bratang. Di tempat tersebut anda dapat menjumpai berbagai jenis dan ukuran ikan hias, mulai dari yang harga nya murah sampai mahal. Dari yang umum sampai dengan yang langka. Anda juga dapat melakukan tawar menawar dan akan dihadapkan dengan banyak pilihan ikan.
Selain ikan hias, tempat tersebut juga menyediakan aksesoris akuarium dan kolam seperti, akuarium, filter, aerator, bioball, tanaman air, dekorasi akuarium, pompa kolam, zeolit, karbon aktif dan masih banyak lagi

Informasi ini dikutip dari www.palapamagetan.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar